Sebagai salah satu lembaga pendidikan terkemuka di kota Semarang, SMA Nasima kembali menggelar perhelatan OSKREA 2020 yang merupakan ajang tahunan ke 4.
OSKREA, Olimpiade Sains, Kreativitas dan Aki Siswa ini melaksanakan beberapa event untuk siswa - siswi SMP se-kota Semarang dan sekitarnya.
Adapun jenis lomba yang dilaksanakan adalah : olimpiade IPA, olimpiade matematika, desain poster, LCC PAI, basket putra 3 on 3, dan band.
Berikut adalah informasi seputar pelaksanaan OSKTEA 4th 2020:
PETUNJUK PELAKSANAAN
OLIMPIADE SAINS, KREATIVITAS DAN AKSI SISWA (OSKREA) 2020
I. PELAKSANAAN LOMBA
OLIMPIADE SAINS, KREATIVITAS DAN AKSI SISWA (OSKREA) 2020
I. PELAKSANAAN LOMBA
Hari | : Sabtu | ||
Tanggal | : 22 Februari 2020 | ||
Waktu | : 07.00 – 16.00 | ||
Tempat | : SMA Nasima Semarang Jl. Arteri Utara Yos Sudarso, No.17 Puri Anjasmoro Semarang |
II. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dilakukan dengan datang langsung ke SMA Nasima atau dapat melalui Contact Person: HP/WA (Bu Rina) 082220064999, (Bu Iis) 085866534402 sesuai format formulir pendaftaran yang telah disiapkan.
2. Pendaftaran bisa dilakukan online melalui bit.ly/oskreareg, link juga tersedia di instagram:
oskrea.nasima
3. Waktu pendaftaran Rabu, 11 Desember 2019 sampai dengan Selasa, 18 Februari 2020.
4. Peserta tidak dipungut biaya
III. PERATURAN UMUM
1. Peserta adalah siswa SMP/Sederajat yang berada di wilayah Semarang dan sekitarnya.
2. Mengikuti Technical Meeting pada:
hari, tanggal tempat | : Rabu, 19 Februari 2020 : Ruang Audio Visual SMA Nasima Semarang | |
3. Mengikuti Upacara Pembukaan pada: | ||
hari,tanggal Waktu tempat | : Sabtu, 22 Februari 2020 : 07.00 – selesai : Halaman SMA Nasima Semarang |
4. Peserta datang 30 menit sebelum acara dimulai.
5. Peserta yang terlambat diperbolehkan masuk mengikuti lomba tanpa ada tambahan waktu.
6. Pakaian untuk peserta pada pelaksanaan lomba adalah seragam sekolah masing-masing.
7. Peraturan yang belum dicantumkan di sini dan segala macam perubahan terkait perlombaan ini akan ditentukan kemudian dan menjadi wewenang panitia.
8. Juknis lomba dapat diunduh di link http://shorturl.at/knqvL atau melalui scan QR
5. Peserta yang terlambat diperbolehkan masuk mengikuti lomba tanpa ada tambahan waktu.
6. Pakaian untuk peserta pada pelaksanaan lomba adalah seragam sekolah masing-masing.
7. Peraturan yang belum dicantumkan di sini dan segala macam perubahan terkait perlombaan ini akan ditentukan kemudian dan menjadi wewenang panitia.
8. Juknis lomba dapat diunduh di link http://shorturl.at/knqvL atau melalui scan QR
Petunjuk saat Technical Meeting:
1. Setiap sekolah wajib menugaskan perwakilan pendamping dan/atau peserta untuk mengikuti Technical Meeting
2. Peserta Technical Meeting membawa formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.
3. Formulir pendaftaran dilampiri:
a. surat tugas sekolah
b. fotokopi kartu pelajar
c. 2 lembar pas foto berwarna ukuran 3×4
IV. JENIS DAN PESERTA LOMBA
Peserta Lomba OSKREA adalah siswa-siswi SMP kelas 7, 8 dan 9 di wilayah semarang dan sekitarnya
Jenis Lomba :
1. Olimpiade IPA, maks 3 orang
2. Olimpiade Matematika, maks 3 orang
3. Desain Poster, maks 3 orang
4. LCC PAI 1 tim (3 orang)
5. Basket Putra 3 on 3 1 tim (maks 5 orang)
6. Band 1 grup (maks 6 orang)
V. TEKNIS PERLOMBAAN
1. Olimpiade Matematika dan IPA
BABAK FINAL
Babak final menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) yang akan dilaksanakan pada:
1. Memiliki jumlah jawaban benar Pilihan Ganda (PG) paling banyak
2. Memiliki jumlah jawaban salah Pilihan Ganda (PG) paling sedikit
3. Memiliki umur paling muda
1. Olimpiade Matematika dan IPA
Lomba olimpiade matematika dan IPA terdiri atas 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final.
BABAK PENYISIHAN
Babak penyisihan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) yang akan dilaksanakan pada:
Sabtu, 22 Februari 2020, pukul 07.30 - selesai di Lab Komputer SMA Nasima.
Babak penyisihan akan dilaksanakan dalam beberapa sesi.
Pada babak ini akan ditentukan 10 peserta terbaik untuk mengikuti babak final.
Penentuan peringkat berdasarkan nilai total yang diperoleh masing-masing peserta. Apabila terdapat peserta yang nilai totalnya sama dengan peserta pada peringkat ke-10, maka diambil peserta dengan ketentuan:
1. Memiliki jumlah jawaban benar paling banyak
2. Memiliki jumlah jawaban salah paling sedikit
3. Memiliki umur paling muda
Ketentuan bentuk soal, penilaian dan alokasi waktu pada Babak Penyisihan
1. Olimpiade Matematika
40 soal pilihan ganda, Jawaban Benar : 4 point, Kosong : 0 point, Salah : -1 point, alokasi waktu 60 menit.
2. Olimpiade IPA
40 soal pilihan ganda, Jawaban Benar : 4 point, Kosong : 0 point, Salah : -1 point, alokasi waktu 60 menit.
Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat
Babak final menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) yang akan dilaksanakan pada:
Sabtu, 22 Februari 2020, pukul 13.00 - selesai di Lab Komputer SMA Nasima.
Pada babak ini akan ditentukan 3 peserta sebagai juara I, II, dan III.
Juara I, II dan III ditentukan berdasarkan 3 nilai tertinggi pada babak final. Apabila terdapat nilai yang sama, maka penentuan juara akan diambil dengan ketentuan:1. Memiliki jumlah jawaban benar Pilihan Ganda (PG) paling banyak
2. Memiliki jumlah jawaban salah Pilihan Ganda (PG) paling sedikit
3. Memiliki umur paling muda
Ketentuan bentuk soal, penilaian dan alokasi waktu pada Babak Penyisihan
1. Olimpiade Matematika
20 soal pilihan ganda dan 5 soal isian singkat
Pilihan Ganda: Jawaban Benar : 4 point, Kosong : 0 point, Salah : -1 point,
Isian Singkat: Jawaban Benar : 10 point, Kosong : 0 point, Salah : -5 point,
Alokasi waktu 60 menit.
2. Olimpiade IPA
20 soal pilihan ganda dan 5 soal isian singkat
Pilihan Ganda: Jawaban Benar : 4 point, Kosong : 0 point, Salah : -1 point,
Isian Singkat: Jawaban Benar : 10 point, Kosong : 0 point, Salah : -5 point,
Alokasi waktu 60 menit.
Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat
2. LCC PAI
Babak Penyisihan
a) Peserta babak penyisihan adalah peserta yang telah melakukan heregistrasi atau daftar ulang.
b) Babak penyisihan dilaksanakan pada;
Hari/ Tanggal Waktu | : Sabtu, 22 Februari 2020 : Pukul 07.30 sampai selesai |
Tempat | : di Masjid Baitul Maskur SMA GANDANEGARA |
c) | Peserta selambat-lambatnya memasuki ruangan 15 menit sebelum tes dimulai, apabila melebihi batas waktu yang ditentukan, maka tidak ada toleransi berupa waktu tambahan yang diberikan kepada peserta yang terlambat. |
d) Babak penyisihan dilakukan melalui tes tertulis berupa soal pilihan ganda dengan paket soal
berisi 60 butir soal.
e) Waktu pengerjaan tes tertulis adalah 90 menit.
f) Pengkoreksian jawaban menggunakan scanner.
g) Soal dibuat berlandaskan pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah diatur oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 58 dan 59 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Stuktur Kurikulum untuk SMP/MTs.
h) Materi soal merupakan materi pembelajaran Kelas VII: 30%; Kelas VIII : 30% dan Wawasan Keislaman: 40%.i) Selama perlombaan berlangsung setiap peserta wajib mengenakan ID Card.
j) Peserta wajib membawa alat tulis masing-masing berupa pensil 2B, karet penghapus, dll. Panitia hanya menyediakan soal dan lembar jawaban.
k) Penilaian pada babak penyisihan yaitu: 3 nilai jika jawaban benar, 0 jika jawaban salah, dan -1 jika tidak diisi atau kosong
l) Pada saat mengerjakan tes tulis, peserta tidak diperkenankan membawa alat komunikasi dan catatan dalam bentuk apapun.
m) Peserta yang tidak dapat meneruskan lomba karena sakit atau yang lainnya, maka dianggap gugur/ mengundurkan diri.
n) Pembimbing tidak dibenarkan memasuki ruangan perlombaan pada saat lomba berlangsung dengan alasan apapun.
o) Keputusan Dewan Juri tidak bisa diganggu gugat.
p) Ketentuan lain yang belum tercantum dalam tata tertib diatas diputuskan oleh kebijakan juri (ditentukan kemudian sesuai kebutuhan).
q) Lima tim dengan skor tertinggi akan masuk ke babak semifinal.
r) Peserta yang lolos ke babak semifinal diumumkan di hari yang sama pada pukul 12.00 WIB atau setelah babak penyisihan selesai di Auditorium SMA GANDANEGARA
Babak Semifinal
a) Peserta babak semifinal ialah lima tim yang lolos dari babak penyisihan.
b) Peserta selambat-lambatnya memasuki ruangan 15 menit sebelum tes dimulai, apabila melebihi batas waktu yang ditentukan peserta dianggap mengundurkan diri atau gugur.
c) Babak final dilakukan melalui lomba cerdas cermat.
d) Setiap tim dipersilahkan memilih secara acak amplop soal yang berisi lima soal wajib dan lima soal lempar.
e) Soal wajib harus dijawab oleh tim yang bersangkutan. Jika jawaban benar akan mendapatkan nilai 10. Jika salah tidak ada pengurangan nilai.
f) Sedangkan soal lempar jika tidak dijawab oleh tim yang bersangkutan atau jawaban masih salah, akan dilempar ke tim lainnya dengan konsekuensi jika jawaban benar nilai 10, dan jika jawaban salah akan dikurangi 5 poin. Tim yang berhak menjawab adalah tim yang mengangkat bendera terlebih dahulu dan dipersilahkan oleh pembawa acara untuk menjawab.
g) Kesempatan untuk merebut soal lempar hanya satu kali.
h) Setelah semua tim mendapatkan giliran menjawab pertanyaan, akan diberikan sejumlah soal rebutan yang ditujukkan kepada seluruh tim.
i) Tim yang lebih cepat menjawab dengan jawaban benar akan mendapatkan nilai 10. Jika jawaban salah dikurangi 5 poin, dan kesempatan beralih pada tim lain untuk menjawab.
j) Tiga tim dengan akumulasi skor tertinggi akan masuk ke babak final.
Babak Final
a) Peserta babak final ialah tiga tim yang lolos dari babak semifinal.
b) Babak final dilakukan melalui lomba cerdas cermat.
c) Soal dibuat berlandaskan pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah diatur oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 58 dan 59 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Stuktur Kurikulum untuk SMP/MTs.
d) Pada babak final ini akan diberikan sejumlah soal yang dijawab secara rebutan oleh semua tim. Tim yang mengangkat bendera terlebih dahulu berhak menjawab soal. Apabila jawaban salah, kesempatan beralih kepada tim lain yang lebih dulu mengangkat bendera.
e) Pada babak final ini, setiap jawaban benar akan diberikan nilai secara bertingkat mulai 10 hingga 100. Apabila jawaban salah akan mendapatkan pengurangan 5 poin. Sedangkan apabila jawaban tidak lengkap maka nilai akan disesuaikan berdasarkan kebijakan dewan juri.
f) Soal hanya dibacakan satu kali.
g) Penghitungan waktu dimulai tepat setelah soal selesai dibacakan.
h) Dalam menjawab pertanyaan peserta harus memberikan jawaban dengan tepat dan lengkap.
i) Jawaban yang diambil adalah jawaban yang pertama dilontarkan oleh peserta.
j) Durasi untuk menjawab setiap pertanyaan akan dibacakan (ditentukan) oleh pembaca soal (juri) dan disesuaikan dengan tingkat kesulitan soal tersebut.
k) Skor ketiga finalis akan diakumulasi dengan skor pada babak semifinal untuk menentukan juara 1, 2, dan 3.
l) Hasil keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
Ketentuan lain yang belum tercantum dalam teknis pelaksanaan di atas akan diputuskan oleh kebijakan juri (ditentukan kemudian sesuai kebutuhan).
3. Desain Poster
Waktu mengerjakan 240 menit
Aplikasi yang diperbolehkan adalah Adobe Photoshop dan Correl Draw.
Peserta membawa laptop / pen tablet sendiri.
Bahan disediakan oleh panitia atau menggunakan bahan yang dibawa sendiri tetapi harus diambil secara on the spot dengan menggunakan kamera / scanner.
Tidak diperbolehkan menggunakan bahan dari internet maupun bahan yang dibawa sendiri secara digital.
Tema “Improving to Quality”
Ukuran poster A3
Tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi
Dilarang meminjam dan menggunakan peralatan peserta lain
Poster dikumpulkan dalam format JPG yang di upload secara online.
Penilaian didasarkan pada orisinilitas, kreativitas ide dan nilai artistik karya
4. Band
Waktu Pelaksanaan | : Sabtu, 22 Februari 2020 |
Tempat | : Hall Kaimana Lantai 3 SMA Nasima |
Penanggung Jawab Ketentuan lomba | : Sri Husodo S.Pd., M.Si – 081228755099 : |
Peserta adalah siswa SMP yang dibuktikan dengan kartu osis
Setiap Band beranggotakan maks. 6 orang dan tidak harus berasal dari 1 sekolah yang sama
Peserta diperbolehkan membawa alat musik sendiri
Panitia menyediakan sound system dan alat musik.
Peserta membawakan 2 buah lagu:
Lagu Wajib : Lagu bertema Nasionalis
Lagu Pilihan : Bebas tidak underground dan tidak mengandung SARA.
Durasi maksimal setiap band 15 menit (sudah termasuk sound check)
Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat.
Kriteria Penilaian :
Aransemen musik
Performance
Harmonisasi
5. Basket 3 on 3
1 tim terdiri atas 3 orang pemain inti dan 2 cadangan
Sistem pertandingan menggunakan sistem gugur.
Waktu pertandingan 1 x 10 menit .
Poin. Setiap tembakan di dalam garis two poin dihitung 1 poin. Tembakan luar garis two poin dihitung 2 poin. Setiap tembakan free throw yang masuk dihitung 1 poin.
Pemenang pertandingan. Tim yang memperoleh poin terbanyak saat akhir pertandingan dinyatakan menang. Apabila suatu tim mencapai poin 21 sebelum waktu pertandingan selesai maka akan dianggap pemenang. Apabila skor sama maka diadakan babak tambahan untuk mencari 2 poin pertama sebagai pemenang tanpa ada batasan waktu.
Team foul tiap tim sebanyak 6x. Team fouls ke 7,8,9 akan diberikan free throw sebanyak 2 tembakan. Team fouls ke 10 dan seterusnya akan diberikan 2 tembakan bebas dilanjutkan ball possession.
Semua technical fouls akan mendapat 1x free throw ditambah ball possession. Semua unsportmanlike fouls akan mendapat 2x free throw ditambah ball possession.
Foul pada saat melakukan tembakan akan mendapatkan 1 tembakan free throw apabila foul terjadi di dalam garis two poin, dan 2 tembakan free throw apabila terjadi di luar garis two poin.
Setiap tembakan yang masuk atau free throw terakhir yang masuk, posisi bola akan dikuasai oleh tim defense dan serangan di mulai kembali dari bawah ring dibatasi garis semi-circle.
Setiap jumpball situation, bola berhak untuk tim yang defense.
Bola mati. Setiap posisi bola mati, posisi serangan dimulai tepat di luar garis two poin dan pemain harus melakukan Check Ball terlebih dahulu (antara pemain penyerang dengan pemain bertahan)
Bola sudah dianggap keluar dari garis two point apabila pemain penyerang kedua kakinya sudah berada di luar garis two point
Pergantian Pemain. Pergantian pemain boleh dilakukan pada setiap bola mati dan tiap tim berhak memperoleh time out hanya 1x selama 30 detik.
Warna baju seragam per tim. (gelap dan terang)
No coach. Tidak boleh ada pelatih/arahan baik dari dalam maupun luar bangku cadangan tim.
Pemain hadir 30 menit sebelum permainan dimulai. Bila saat pemanggilan 3x selama 5 menit tidak hadir dianggap gugur.
*) aturan tambahan dan revisi akan disampaikan oleh Tim Teknis Perbasi Kota Semarang
Setiap Band beranggotakan maks. 6 orang dan tidak harus berasal dari 1 sekolah yang sama
Peserta diperbolehkan membawa alat musik sendiri
Panitia menyediakan sound system dan alat musik.
Peserta membawakan 2 buah lagu:
Lagu Wajib : Lagu bertema Nasionalis
Lagu Pilihan : Bebas tidak underground dan tidak mengandung SARA.
Durasi maksimal setiap band 15 menit (sudah termasuk sound check)
Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat.
Kriteria Penilaian :
Aransemen musik
Performance
Harmonisasi
5. Basket 3 on 3
1 tim terdiri atas 3 orang pemain inti dan 2 cadangan
Sistem pertandingan menggunakan sistem gugur.
Waktu pertandingan 1 x 10 menit .
Poin. Setiap tembakan di dalam garis two poin dihitung 1 poin. Tembakan luar garis two poin dihitung 2 poin. Setiap tembakan free throw yang masuk dihitung 1 poin.
Pemenang pertandingan. Tim yang memperoleh poin terbanyak saat akhir pertandingan dinyatakan menang. Apabila suatu tim mencapai poin 21 sebelum waktu pertandingan selesai maka akan dianggap pemenang. Apabila skor sama maka diadakan babak tambahan untuk mencari 2 poin pertama sebagai pemenang tanpa ada batasan waktu.
Team foul tiap tim sebanyak 6x. Team fouls ke 7,8,9 akan diberikan free throw sebanyak 2 tembakan. Team fouls ke 10 dan seterusnya akan diberikan 2 tembakan bebas dilanjutkan ball possession.
Semua technical fouls akan mendapat 1x free throw ditambah ball possession. Semua unsportmanlike fouls akan mendapat 2x free throw ditambah ball possession.
Foul pada saat melakukan tembakan akan mendapatkan 1 tembakan free throw apabila foul terjadi di dalam garis two poin, dan 2 tembakan free throw apabila terjadi di luar garis two poin.
Setiap tembakan yang masuk atau free throw terakhir yang masuk, posisi bola akan dikuasai oleh tim defense dan serangan di mulai kembali dari bawah ring dibatasi garis semi-circle.
Setiap jumpball situation, bola berhak untuk tim yang defense.
Bola mati. Setiap posisi bola mati, posisi serangan dimulai tepat di luar garis two poin dan pemain harus melakukan Check Ball terlebih dahulu (antara pemain penyerang dengan pemain bertahan)
Bola sudah dianggap keluar dari garis two point apabila pemain penyerang kedua kakinya sudah berada di luar garis two point
Pergantian Pemain. Pergantian pemain boleh dilakukan pada setiap bola mati dan tiap tim berhak memperoleh time out hanya 1x selama 30 detik.
Warna baju seragam per tim. (gelap dan terang)
No coach. Tidak boleh ada pelatih/arahan baik dari dalam maupun luar bangku cadangan tim.
Pemain hadir 30 menit sebelum permainan dimulai. Bila saat pemanggilan 3x selama 5 menit tidak hadir dianggap gugur.
*) aturan tambahan dan revisi akan disampaikan oleh Tim Teknis Perbasi Kota Semarang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar