"SUGENG RAWUH"

Temu Donor Darah Sukarela 50 kali dan 75 kali Se-Jawa Tengah

Assalamu'alaikum wr wb.

 

"Siamo Tutti Fratelli!!"


Sudah lama frasa ini tidak saya lihat, dengar, rasakan (eh, ldr dong-#anak pmr,ksr, tsr dan tenaga medis pasti tahu nih). Ya, artinya "Kita semua saudara", saya lihat lagi di bagian belakang baju pria di sebelah saya saat duduk di bangku ruang tunggu donor darah UDD PMI Cabang Kota Semarang. Itulah semboyan PMI. Eit, bukan hanya Palang Merah Indonesia, tapi Palang Merah Internasional. 

Hari ini senin, 29 Mei 2023, sekitar 180an orang memadati UDD PMI Cabang Kota Semarang. Hari ini spesial, karena sebagaimana surat dari PMI Daerah Jawa Tengah, akan diadakan Temu Donor Darah Sukarela (DDS) ke-50 kali & 75 kali se-Jateng dan Penyerahan Penghargaan oleh Bapak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Acara akan diadakan di Aula Semar Resto, Jl. Raya Boyolali - Semarang No. KM 2, Mojosongopermai, Mojosongo, Kec. Mojosongo, Kabupaten Boyolali.


Rombongan DDS dari UDD PMI Cabang Kota Semarang berangkat bersama dalam 3 armada bus, dan juga ada beberapa yang memilih memakai kendaraan sendiri. Karena acara Temu DDS akan dimulai sore hari, rombongan DDS diajak UDD PMI Cabang Kota Semarang untuk refreshing ke Javenir dan ishoma di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo yang konon merupakan replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi. Ya, ke replika masjid aslinya dulu, biar tidak bingung kalau kapan-kapan bisa diajak PMI ke masjidnya yang asli. Aamiin..

Sekitar pukul 15.00 kami sudah sampai di Semar Resto. Ternyata sudah banyak kontingen dari kota / kabupaten lain yang sudah sampai lebih dahulu. Di kanan kiri jalan menuju aula, banyak dapur umum bermunculan. Dapur umum dari PMI se-Solo Raya (Subosukawonosraten) pun turut dikerahkan menjamu tamu yang datang. Tidak ketinggalan dapur umum dari BPBD Provinsi Jawa Tengah pun turut menjamu. Masing - masing tenda dapur umum berusaha menarik pengunjung dengan hidangan khas daerah masing - masing. 

 

 

 


 

 

 

 

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PMI. Sambutan tuan rumah oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat, kemudian dilanjutkan oleh Ketua Dewan Kehormatan PMI Jawa Tengah yang sekaligus Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen. Beliau menyampaikan bahwa jumlah pendonor yang mengikuti temu DDS ini adalah 1.407 orang dengan rincian, DDS 50 kali sebanyak 1.033 orang, dan DDS 75 kali sebanyak 374 orang.


 

Catatan tambahan, UDD PMI Kota Semarang mencatatkan 188 DDS, dengan rincian DDS 50 kali sebanyak 119 orang dan DDS 75 kali sebanyak 69 orang.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan secara simbolis yang diwakili 1 orang tiap kota / kabupaten penerima oleh Bapak Ganjar Pranowo, yang diteruskan dengan apresiasi oleh Bp Ganjar kepada para pendonor darah, terutama di saat pandemi yang sangat membantu dengan plasma darah para penyintas.

 

Acara ditutup dengan foto bersama Bapak Ganjar dengan tamu undangan.

Rombongan UDD PMI Cabang Kota Semarang setelah selesai berfoto, menuju ke Edutorium UMS untuk makan malam dilanjutkan pulang ke Semarang.

Berikut nukilan beberapa dokumentasi dari peserta rombongan dari UDD PMI Kota Semarang:











Menyenangkan bertemu dengan orang - orang baru, yang memiliki hasrat untuk saling membantu sesama. Semoga sedikit cerita ini bisa menginspirasi untuk berdonor darah, selain dapat membantu sesama, juga untuk kesehatan diri kita (please googling it to know more about blood donation). Semoga bisa bertemu kembali di donor darah ke 75 kali untuk yang telah donor darah 50 kali, dan donor darah ke 100 kali untuk yang telah donor darah 75 kali.

#blooderhood

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar